•  
  • WEBSITE RESMI KPU KOTA PEKALONGAN
Kamis, 26 Juli 2012 - 08:16:04 WIB
Pemilihan Gubernur & Wakil Gubernur Jawa Tengah Calon Perseorangan/Nonparpol Butuh 1,14 Juta Dukunga
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pilgub 2013 - Dibaca: 3003 kali

Hal tersebut di atas disampaikan pada kegiatan Sosialisasi Pencalonan Pasangan Calon Perseorangan pada Penyelenggaraan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2013 yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah di Kota Tegal yang diikuti oleh KPU se-eks Karesidenan Pekalongan, anggota DPRD, Pemerintah Daerah, Tokoh Keagamaan, unsur masyarakat, LSM, dan Ormas yang telah dilaksanakan pada hari Senin, 16 Juli 2012 bertempat di Ruang Adipura komplek kantor Pemerintah Kota Tegal, Dra. Sri Lestariningsih, M.Si selaku Kepala Sub Bagian Program dan Data Sekretariat KPU Provinsi Jawa Tengah yang mewakili Sekretaris KPU dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pasangan Calon Perseorangan yaitu Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2013 yang didukung oleh sejumlah orang yang memenuhi persyaratan berdasarkan Peraturan Perundang – undangan.
Selanjutnya bahwa bakal pasangan calon perseorangan atau nonparpol pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2013, harus mendapat dukungan minimal 3% (tiga persen) atau kurang lebih 1.140.000 orang dari total jumlah penduduk Provinsi Jawa Tengah sekitar 38 juta orang, kata anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah Bapak Nuswantoro Dwiwarno. " Berdasarkan informasi sementara dari Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Kependudukan Provinsi Jawa Tengah, jumlah penduduk di Jawa Tengah mencapai 38 juta jiwa. Jika dukungan minimal tiga persen, maka calon perseorangan harus mendapat 1.140.000 dukungan, " ujarnya ketika menyampaikan sosialisasi pencalonan pasangan calon perseorangan dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2013 di Ruang Adipura Pemerintah Kota Tegal pada hari Senin, 16 Juli 2012.
Jumlah dukungan tersebut, tutur Bapak Nuswantoro Dwinarno, harus tersebar di minimal 18 (delapan belas) dari 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah (50% dari total Kabupaten/Kota se Jawa Tengah). Akan tetapi, tutur dia, jumlah penduduk tersebut masih bisa berubah, karena KPU Provinsi Jawa Tengah memang belum mengajukan permintaan data jumlah penduduk secara resmi kepada Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Kependudukan Provinsi Jawa Tengah. Penduduk yang boleh memberikan dukungan, ujar dia, minimal sudah berusia 17 tahun atau sudah pernah nikah.

Dukungan tersebut, juga harus dilengkapi dengan fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) yang masih berlaku atau kartu keluarga (KK) yang masih berlaku atau surat keterangan kependudukan (SKK) yang dikeluarkan oleh instansi yang berwenang dalam rangkap tiga disertai data simpan elektronik.
Syarat dukungan tersebut harus disusun sesuai ketentuan yang ditetapkan oleh KPU Provinsi Jawa Tengah, termasuk dalam mengisian lampiran formulir model B1.KWK.KPU Perseorangan. Penyerahan dokumen dukungan, katanya, harus didahului dengan pemberitahuan kepada KPU Provinsi Jawa Tengah, paling lambat dua hari sebelum waktu penyerahan dokumen dukungan. Selanjutnya, KPU Provinsi Jawa Tengah mengecek syarat dukungan tersebut dan sebaran dukungan. "Jika sudah sesuai, maka KPU Provinsi Jawa Tengah akan memberi tanda terima penerimaan data dukungan dari bakal calon perseorangan setelah dipastikan bukti dukungan memenuhi persyaratan yang ditentukan undang-undang," ujarnya dalam kegiatan sosialisasi yang berakhir pada jam 12.30 bbwi tersebut.
Selanjutnya, tutur dia, syarat dukungan bakal calon perseorangan tersebut harus diverifikasi administrasi dan verifikasi faktual oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan selanjutnya direkapitulasi di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), KPU Kabupaten/Kota dan KPU Provinsi untuk memastikan bahwa jumlah syarat dukungan tersebut memenuhi syarat sesuai ketentuan atau tidak.
Namun untuk pasangan calon dari jalur perseorangan, tinggal punya waktu sekitar 6 (enam) bulan untuk mengumpulkan syarat dukungan seperti tersebut di atas karena surat dukungan sudah harus diserahkan pada Januari 2013 untuk diverifikasi, sebelum mereka mendaftar secara resmi bersamaan dengan calon dari jalur partai politik. Meski jadwalnya sudah dekat, sejauh ini belum muncul nama-nama calon yang menyatakan minat, baik dari jalur independen maupun parpol. Untuk jalur parpol, ada dua parpol yang bisa mengusung pasangan calon tanpa harus berkoalisi, yakni Demokrat dan PDIP.
Saat ini KPU Provinsi Jawa Tengah sudah menyiapkan pentahapan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2013, yang dijadwalkan dimulai September 2012 dengan pembentukan badan penyelenggara PEMILU. Pemungutan suara ditetapkan tanggal 26 Mei 2013.(Sugeng Haryadi)
 

Print Friendly and PDF

 



    174 Komentar :

    Walktc
    13 Mei 2013 - 10:45:00 WIB

    Selamat pagi, Assalamu'alaikum wr. wb. Ingin rasanya ikut andil di ruang publik ini, menyampaikan pendapat atau usul. Membaca artikel anda cukup menarik dan bermanfaat untuk kita ketahui. Harapan dan usul saya, moga makin variatif lagi untuk artikel yang diluncurkan.
    obat kanker otak
    31 Mei 2013 - 14:10:21 WIB

    sip deh, thanks ya infonya . :)
    Personal Injury Lawyer Kent
    05 Juni 2013 - 20:25:03 WIB

    Moga tambah maju websitenya dan terus di update biar tambah banyak pengunjungnya, ya nggak pak !. Selamat bertugas dan beraktivitas, tetap semangat.
    Cara Menghilangkan Keloid
    19 Juni 2013 - 22:00:51 WIB

    Terimakasih, salam sehat an sejahtera semuanya.....
    obat herbal kanker otak
    20 Juni 2013 - 09:22:09 WIB

    thanks tips nya mas :)
    obat herbal asam urat
    20 Juni 2013 - 09:31:33 WIB

    saya gk milih :(
    Obat Ace Maxs
    20 Juni 2013 - 22:21:06 WIB

    Informasi yang sangat bermutu,.terimakasih banyak. Salam.
    Pengobatan Jantung Alternatif
    21 Juni 2013 - 22:32:30 WIB

    Info yang mendidik, terimakasih. Salam sukses.
    obat kanker hati
    26 Juni 2013 - 16:10:54 WIB

    sore admin, semangat dong ...
    obat herbal stroke
    29 Juni 2013 - 09:50:41 WIB

    selamat pagi
    << First | < Prev | 1 | 2 | 3 | 4 | ... | 18 | Next > | Last >>

    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)